Yooo yoo
Selamat pagi, siang dan malam semuanya para pembaca setia dari www.mnchealthdonesia.com
Apa kabar semuanya?
Baik-baik aja kan?
Pada kesempatan kali nih saya akan membahas dari sebuah pertanyaan kamu-kamu dari salah satu artikel minggu lalu.
Yup sesuai fotonya saya akan membahas lagi masalah visitor, tapi kali berbeda. Yaitu membuat visitor stabil datang ke blog kita.
Memiliki visitor yang tetap dalam artian selalu hadir ketika kita melakukan udpate postingan tidaklah mudah. Banyak visitor yang hanya datang ketika lagi share postingan kita di sosial media, jika tidak ya mereka tidak datang.
Hal ini kadang membuat kita malas bagi para blogger, karena kita harus terus-terusan secara berkala mengshare ke berbagai forum/group baru banyak mendapatkan visitor.
Untuk memiliki visitor yang tetap ke blog hanya sekitar 10-30%, karena kebanyakan mereka datang, melihat, dan meninggalkan blog kita tanpa ingin tahu update lanjutan dari blog kita.
Apa yang menyebabkan hal itu terjadi pada blog kita? Kenapa para visitor seakan enggan untuk datang lagi untuk melihat update blog kita?
Alasannya simpel.
Karena mereka tidak tertarik dengan informasi diblog kamu.
Lalu apa yang harus kita lakukan agar visitor tetap datang dan mau melihat terus update terbaru dari blog kita?
Setelah saya melihat beberapa blog ( baik 1 niche maupun gado-gado ) ada ciri khas mereka kenapa kita sering datang kesana tanpa ada mereka share postingannya.
Ada 3 ciri khas mereka yang bisa kita terapkan kedalam blog kita.
Terdengar simpel tetapi susah untuk dilakukan. Yup suatu blog yang sering melakukan update perhari paling banyak diminati.
Kenapa?
Karena informasi yang diberikan selalu fresh dan baru setiap harinya.
Tapi bagaimana jika yang memiliki 1 niche agak susah dong untuk updatenya perhari karena bisa-bisa bahan pembahasan akan habis dalam waktu berapa bulan saja.
Naah saya coba untuk merangkum bagaimana cara melakukan update berkala untuk 1 niche maupun gado-gado.
Yang harus kamu tekankan disini update dilakulan secara teratur. Jika kamu pilih 3 hari sekali, maka kamu setidaknya lakukan update tiap 3 hari sekali.
Selain update dilakukan secara teratur, yang ditekankan ada 1 hal lagi yaitu informasi fresh dan berbeda dari yang lain.
Apa maksudnya?
Informasi kamu tidak pernah atau baru kamu yang membahasnya.
Atau jika kamu membahas hal yang sudah pernah dibahas, kamu bisa melakukannya dengan cara berbeda.
yaitu mengabungkan beberapa informasi dari banyak sumber lalu kamu rangkumkan.
Itu cara simpelnya.
Yup bener banget siapa cepat dia dapat. Jika ada informasi terbaru siapa yang duluan share diblog maka kamu dapat visitor.
Untuk blog gado-gado saya masih bingung, maybe salah satu caranya yang diatas.
Atau jika kamu ada yang lain, silahkan komen dibawah gan, nanti saya tambahkan soalnya bingung untuk blog gado-gado.
Nah cara ini sebenarnya saya culik dari bang raditya dika. Jika kamu mengikuti youtube bang radit, dia menyampaikan cara ini untuk video youtube.
Laah saya pikir kenapa tidak dipraktekkan didalam blog, toh caranya gak berbeda kok.
Yup caranya gak jauh berbeda, jika kamu dalam penyampaian informasi secara besar-besaran ada baiknya jangan langsung sekali share, tapi lakukan perbagian-bagian yang dishare.
Hal ini akan menunjang visitor untuk menunggu dan menanti postingan lanjutan dari blog kamu.
Sebagai contoh :
Jika kamu ingin membahas mengenai SEO Blog, so kamu bisa membuatnya menjadi 3 bagian postingan.
Kamu tinggal menjadwal ketiga 3 postingan tersebut secara teratur, sehingga para pengunjung menganggap bahwa kamu melakukan update secara rutin/berkala.
Apakah ada batasan dalam pembuatan part artikelnya?
Tidak ada batasan sama sekali, kamu tinggal sesuaikan sendiri dengan jumlah informasi yang kamu sampaikan. Jangan membuat seakan-akan dipaksakan.
Buatlah seakan natural, sehingga tidak menganggu pengunjung blog kita.
Unik, kata-kata ini sering saya dengar dari beberapa blog maupun youtube. Sebuah blog yang memiliki ciri khas sendiri akan lebih banyak disukai daripada yang biasa saja atau standart.
Tapi, menjadi unik itu tidaklah mudah. Banyak juga para blogger maupun youtuber yang saya baca dan lihat, mereka selalu menyerahkan hal ini kepada diri kamu sendiri.
Why?
Alasan sekali lagi simpel, kamu sendiri yang tahu kelebihan dan keunikan kamu.
Memang untuk poin no.3 ini sangat susah untuk dipraktekkan secara langsung. Perlu waktu dan sedikit riset untuk melihat keunikan apa yang bisa kamu tawarkan kepada para pengunjung kamu.
Saya mengambil contoh, jika kamu melihat arlina design maupun kompiajaib, apakah kamu sudah bisa menebak cirikhas / keunikan mereka?
Yup, jika kamu jawab arlina design jago dalam html&ccs5 dalam blog dan kompiajaib jago dalam amp template maka kamu benar.
Keandalan mereka sendiri diubah jadi keunikan mereka, yang membuat mereka cukup disegani.
Lalu, bagaimana dengan abang sendiri ciri khasnya apa?
Kalau saya sendiri, saya cirikhasnya di konten.
Dimana saya memberikan tips-tips blogging yang khusus mengarah kepada konten blog. Kenapa demikian? Karena konten adalah raja blog.
Tanpa adanya konten yang berkualitas suatu blog tidak akan bisa berkembang dengan baik.
Dan saya melihat masih belum banyak yang fokus membahas 1 topik ini saja, makanya saya mengambil topik ini dan menjadikan cirikhas blog ini.
Untuk unik sendiri, seperti saya dibilang diatas, kamu sendirilah yang menentukan keunikan blog kamu.
Gali dan perhatikan apa keahlian kamu yang bisa kamu jadikan keunikan kamu.
Sekian pembahasan saya mengenai cara membuat visitor tetap datang ke blog. Hasil dari ketiga point diatas merupakan hasil riset dan berkeliling saya dari beberapa blog maupun youtube.
Dari ketiga point diatas, manakah yang paling baik dilakukan?
Saran saya sendiri adalah no.2.
Kenapa? Karena tidak ribet dalam pengerjaannya, kamu tinggal membagi secara baik artikel yang kamu punya dan publish dengan jangka waktu tertentu.
Tapi, seperti biasa, kamu sendirilah yang menentukan point mana yang cocok untuk kamu, atau ada point lain. Saya disini hanya memberikan informasinya saja,kamu yang menentukan langkah kamu sendiri.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah meluangkan waktunya membaca artikel ini, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Dan sampai berjumpa dipostingan berikutnya, jaa nee :D
Selamat pagi, siang dan malam semuanya para pembaca setia dari www.mnchealthdonesia.com
Apa kabar semuanya?
Baik-baik aja kan?
Pada kesempatan kali nih saya akan membahas dari sebuah pertanyaan kamu-kamu dari salah satu artikel minggu lalu.
terima kasih sudah memberikan pertanyaan kepada saya :3 |
Yup sesuai fotonya saya akan membahas lagi masalah visitor, tapi kali berbeda. Yaitu membuat visitor stabil datang ke blog kita.
Memiliki visitor yang tetap dalam artian selalu hadir ketika kita melakukan udpate postingan tidaklah mudah. Banyak visitor yang hanya datang ketika lagi share postingan kita di sosial media, jika tidak ya mereka tidak datang.
Hal ini kadang membuat kita malas bagi para blogger, karena kita harus terus-terusan secara berkala mengshare ke berbagai forum/group baru banyak mendapatkan visitor.
Untuk memiliki visitor yang tetap ke blog hanya sekitar 10-30%, karena kebanyakan mereka datang, melihat, dan meninggalkan blog kita tanpa ingin tahu update lanjutan dari blog kita.
Apa yang menyebabkan hal itu terjadi pada blog kita? Kenapa para visitor seakan enggan untuk datang lagi untuk melihat update blog kita?
Alasannya simpel.
Karena mereka tidak tertarik dengan informasi diblog kamu.
Lalu apa yang harus kita lakukan agar visitor tetap datang dan mau melihat terus update terbaru dari blog kita?
Setelah saya melihat beberapa blog ( baik 1 niche maupun gado-gado ) ada ciri khas mereka kenapa kita sering datang kesana tanpa ada mereka share postingannya.
Ada 3 ciri khas mereka yang bisa kita terapkan kedalam blog kita.
1. Update Secara Berkala ( perday / perweek )
Terdengar simpel tetapi susah untuk dilakukan. Yup suatu blog yang sering melakukan update perhari paling banyak diminati.
Kenapa?
Karena informasi yang diberikan selalu fresh dan baru setiap harinya.
Tapi bagaimana jika yang memiliki 1 niche agak susah dong untuk updatenya perhari karena bisa-bisa bahan pembahasan akan habis dalam waktu berapa bulan saja.
Naah saya coba untuk merangkum bagaimana cara melakukan update berkala untuk 1 niche maupun gado-gado.
1 niche : kamu tidak harus melakukan update perhari, kamu bisa melakukan update sekitar 1-5 hari sekali.
Selain update dilakukan secara teratur, yang ditekankan ada 1 hal lagi yaitu informasi fresh dan berbeda dari yang lain.
Apa maksudnya?
Informasi kamu tidak pernah atau baru kamu yang membahasnya.
Atau jika kamu membahas hal yang sudah pernah dibahas, kamu bisa melakukannya dengan cara berbeda.
yaitu mengabungkan beberapa informasi dari banyak sumber lalu kamu rangkumkan.
Itu cara simpelnya.
Gado-gado : untuk blog gado-gado ada kalimat yang dijadikan panutat " siapa cepat dia dapat "
Yup bener banget siapa cepat dia dapat. Jika ada informasi terbaru siapa yang duluan share diblog maka kamu dapat visitor.
Untuk blog gado-gado saya masih bingung, maybe salah satu caranya yang diatas.
Atau jika kamu ada yang lain, silahkan komen dibawah gan, nanti saya tambahkan soalnya bingung untuk blog gado-gado.
2. Menyampaikan Informasi Bersinambungan (Part)
Nah cara ini sebenarnya saya culik dari bang raditya dika. Jika kamu mengikuti youtube bang radit, dia menyampaikan cara ini untuk video youtube.
Laah saya pikir kenapa tidak dipraktekkan didalam blog, toh caranya gak berbeda kok.
Yup caranya gak jauh berbeda, jika kamu dalam penyampaian informasi secara besar-besaran ada baiknya jangan langsung sekali share, tapi lakukan perbagian-bagian yang dishare.
Hal ini akan menunjang visitor untuk menunggu dan menanti postingan lanjutan dari blog kamu.
Sebagai contoh :
Jika kamu ingin membahas mengenai SEO Blog, so kamu bisa membuatnya menjadi 3 bagian postingan.
- Cara SEO dalam blog (part 1)
- Cara SEO dalam blog ; SEO offpage (part 2)
- Cara SEO dalam blog ; SEO onpage (part 3 - end)
Kamu tinggal menjadwal ketiga 3 postingan tersebut secara teratur, sehingga para pengunjung menganggap bahwa kamu melakukan update secara rutin/berkala.
Apakah ada batasan dalam pembuatan part artikelnya?
Tidak ada batasan sama sekali, kamu tinggal sesuaikan sendiri dengan jumlah informasi yang kamu sampaikan. Jangan membuat seakan-akan dipaksakan.
Buatlah seakan natural, sehingga tidak menganggu pengunjung blog kita.
3. Unique / Unik
Unik, kata-kata ini sering saya dengar dari beberapa blog maupun youtube. Sebuah blog yang memiliki ciri khas sendiri akan lebih banyak disukai daripada yang biasa saja atau standart.
Tapi, menjadi unik itu tidaklah mudah. Banyak juga para blogger maupun youtuber yang saya baca dan lihat, mereka selalu menyerahkan hal ini kepada diri kamu sendiri.
Why?
Alasan sekali lagi simpel, kamu sendiri yang tahu kelebihan dan keunikan kamu.
Memang untuk poin no.3 ini sangat susah untuk dipraktekkan secara langsung. Perlu waktu dan sedikit riset untuk melihat keunikan apa yang bisa kamu tawarkan kepada para pengunjung kamu.
Saya mengambil contoh, jika kamu melihat arlina design maupun kompiajaib, apakah kamu sudah bisa menebak cirikhas / keunikan mereka?
Yup, jika kamu jawab arlina design jago dalam html&ccs5 dalam blog dan kompiajaib jago dalam amp template maka kamu benar.
Keandalan mereka sendiri diubah jadi keunikan mereka, yang membuat mereka cukup disegani.
Lalu, bagaimana dengan abang sendiri ciri khasnya apa?
Kalau saya sendiri, saya cirikhasnya di konten.
Dimana saya memberikan tips-tips blogging yang khusus mengarah kepada konten blog. Kenapa demikian? Karena konten adalah raja blog.
Tanpa adanya konten yang berkualitas suatu blog tidak akan bisa berkembang dengan baik.
Dan saya melihat masih belum banyak yang fokus membahas 1 topik ini saja, makanya saya mengambil topik ini dan menjadikan cirikhas blog ini.
Untuk unik sendiri, seperti saya dibilang diatas, kamu sendirilah yang menentukan keunikan blog kamu.
Gali dan perhatikan apa keahlian kamu yang bisa kamu jadikan keunikan kamu.
Sekian pembahasan saya mengenai cara membuat visitor tetap datang ke blog. Hasil dari ketiga point diatas merupakan hasil riset dan berkeliling saya dari beberapa blog maupun youtube.
Dari ketiga point diatas, manakah yang paling baik dilakukan?
Saran saya sendiri adalah no.2.
Kenapa? Karena tidak ribet dalam pengerjaannya, kamu tinggal membagi secara baik artikel yang kamu punya dan publish dengan jangka waktu tertentu.
Tapi, seperti biasa, kamu sendirilah yang menentukan point mana yang cocok untuk kamu, atau ada point lain. Saya disini hanya memberikan informasinya saja,kamu yang menentukan langkah kamu sendiri.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah meluangkan waktunya membaca artikel ini, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Dan sampai berjumpa dipostingan berikutnya, jaa nee :D
0 Response to "Cara Membuat Visitor Tetap Datang Ke Blog!"
Posting Komentar